I Love Indonesia

53 heart(s) out of 100 from 6 user(s)
Infrastruktur pendidikan
Infrastruktur pendidikan

Infrastruktur pendidikan

Jatuh Cinta Pada Indonesia

Saya lahir dan besar di Indonesia, jadi tidak ada alasan untuk tidak mencintainya. Apalagi indonesia dipenuhi dengan segudang kekayaan mulai dari kekayaan alam, suku, makanan, dan masih banyak lagi. Menurut data BPS pada 2010, di Indonesia terdapat 1.128 suku. Tiap suku memiliki adat, kesenian dan kebudayaan yang berbeda-beda dan hal inilah yang membuat indonesia beraneka ragam. Ini tentunya merupakan aset yang tak ternilai harganya dan harus tetap dijaga dan dilestarikan.

Lalu kenapa indonesia menjadi salah satu negara termiskin, katanya indonesia kaya? Ya, pertanyaan itu memang sering muncul di benak semua orang dan inilah peran generasi muda penerus bangsa, harus bisa mengubah indonesia, karena indonesia memiliki banyak sekali potensi yang bisa kita gali agar indonesia bisa menjadi negara yang maju tentunya. Seiring dengan berjalannya waktu, kebudayaan kita malah mulai tergerus oleh budaya luar, kekayaan alam kita banyak dirusak oleh manusia yang sebenarnya juga orang indonesia itu sendiri, miris memang.

Bagaimana kita bisa merubahnya? Dengan pendidikan. Tapi kan sekarang juga banyak orang-orang berpendidikan ikut korupsi, membabat hutan demi usahanya dan masih banyak lagi, itu bagaimana? Ya oleh karena itu pendidikan itu penting, dan ingat, pendidikan itu bukan cuma mengejar gelar semata. Kita harus menanamkan perilaku tertib, disiplin dan tentunya pendidikan agama sejak dini.

Mengubah pendidikan di indonesia memang cukup sulit tapi itu harus, jika tidak ini akan mengancam masa depan anak kita nantinya. Banyak sekali faktor yang membuat indonesia tertinggal dari segi pendidikan, tapi 3 faktor penting adalah infrastruktur, sistem dan kurangnya guru.

1. Infrastruktur Pendidikan

Infrastruktur Pendidikan

Bukan rahasia lagi jika infrastruktur masih menjadi masalah utama terutama untuk daerah-daerah diluar pulau jawa. Tidak hanya fasilitas penunjang, bahkan bangunanpun banyak yang sudah tidak layak pakai dan boleh dibilang sudah hampir roboh. Belum lagi akses, banyak sekali anak-anak yang berangkat sekolah harus melewati sungai tanpa jembatan, ini miris tentunya. Apalagi jika musim hujan, otomatis sungai menjadi salah satu penghambat anak-anak sekolah.

Tidak mudah memang memperbaiki ini, tapi kita harus memulainya. Karena boleh dibilang infrastruktur adalah faktor terpenting sebagai penunjang kemajuan pendidikan di indonesia. Mempermudah akses jalan menuju sekolah, membangun dan memperbaiki sekolah dan fasilitas tentunya adalah salah satu pondasi menuju pendidikan yang lebih baik.

2. Tenaga Pendidikan

Tenaga Pendidikan

Tenaga pendidik/guru juga menjadi satu masalah yang ada di indonesia. Karena apa? Karena banyak sekali tenaga guru yang boleh dibilang kurang terampil. Bayangkan saja, banyak sekali guru honorer SD yang belum dapat ijazah PGSD tapi sudah mengajar, ini sangat disayangkan sekali. Oleh karena itu untuk kedepannya jelas, tenaga pendidik menjadi prioritas utama agar tidak ada lagi sekolah yang kekurangan guru. Selain itu, perekrutanpun akan dilakukan sebaik mungkin, tentunya agar guru-guru yang masukpun adalah guru-guru terbaik yang akan membimbing anak-anak kita menuju indonesia yang lebih baik.

3. Sistem Pendidikan

Infrastruktur memadai, tenaga pendidik sudah memenuhi tapi bagaimana jika sistem pendidikannya amburadul? Tetap saja ini tidak akan berjalan baik. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, banyak sekali orang-orang berpendidikan yang malah korupsi, dll. Mungkin hal tersebut juga disebabkan oleh sistem pendidikan yang salah. Banyak sekali yang sudah pemerintah coba, seperti mengganti kurikulum dll. Dan sudah cukup membuahkan hasil tapi belum cukup memuaskan saya.

Masih ada hal-hal mengganjal dihati yang ingin sekali saya terapkan di indonesia, seperti meniru pendidikan disiplin ala jepang mulai usia dini, menanamkan cinta alam sejak dini, dan menanamkan cinta tanah air sejak dini.

– Disiplin
Disiplin ala Jepang
Kenapa ini penting? Karena miris melihat orang tiba-tiba menerobos antrian, menerobos lampu merah dijalan, membuang sampah sembarangan dan masih banyak lagi. Ya, hal-hal tersebut sudah biasa kita lihat di indonesia. Hal ini bisa di atasi jika semua orang disiplin, dan ini harus ditanamkan dari usia dini.

– Menanamkan Cinta Alam
Menanamkan Cinta Alam
Semakin hari pemanasan global semakin menjadi, polusi, dan sampah plastikpun semakin merajalela. Jika ini tidak di stop, akan menjadi apa bumi ini 100 tahun lagi. Oleh karena itu menanamkan cinta alam juga penting, tentunya untuk bumi yang lebih baik lagi. Banyak cara yang bisa kita lakukan antara lain mengajarkan budaya membuang sampah sesuai tempat disekolah, budaya menanam di sekolah dan sebagainya.

– Menanamkan Cinta Tanah Air
Mengajarkan seni kebudayaan salah satu cara menumbuhkan Cinta Tanah Air
Kenapa ini masuk? Bukannya setiap senin ada upacara bendera? Yang jadi pertanyaan adalah apakah upacara bendera bisa membuat kita jadi lebih cinta tanah air? Saya rasa tidak. Akan lebih baik jika di sekolah sering mengadakan event kebudayaan daerah sekali setiap bulannya, itu lebih baik. Jangan sampai kejadian seperti batik terulang, kita baru merespon saat batik di klaim negara tetangga, gak mau kan?

Semakin Cinta Dengan Indonesia

Dengan pendidikan yang baik maka akan diperoleh juga bibit-bibit yang baik juga untuk masa depan. Tentunya ini akan berjalan lurus dengan yang kita harapkan saat ini yaitu indonesia yang lebih baik. Indonesia yang indah, bersih, maju, ramah dan tentunya masih dengan keanekaragamannya. Ini akan membuat saya semakin cinta dengan indonesia.

Selamanya Cinta Dengan Indonesia

Semua itu memang baru sekedar harapan, harapan dari saya yang baru bisa berangan-angan untuk indonesia. Boleh dong berangan-angan dulu? Karena semua memang berawal dari mimpi! Tapi kita juga harus tetap berusaha, karena merubah sistem pendidikan apalagi dengan skala negara itu tidak sebentar dan tidak semdah membalikan telapak tangan tentunya. Jadi mulailah dari diri kita sendiri. Mulailah berperilaku disiplin, mencintai alam dan mencintai indonesia tentunya untuk indonesia yang lebih baik. Apapun yang terjadi kedepannya, selamanya saya cinta dengan indonesia!

Share!
1551251610 guru menjelaskan

1551251610 guru menjelaskan

623744 kedisiplinan orang jepang

623744 kedisiplinan orang jepang

Jaranan

Jaranan

Anak paud_20150428_101851

Anak paud_20150428_101851

About Author

Flynn Glenn
Take responsibility of your own happiness, never put it in other people’s hands.

Related Post